Pesona Zingiber spectabile Hasil Kultur Jaringan dalam Galeri Tanaman Hias di PT. RPN

Pada acara halal bil halal yang diselenggarakan PT RPN pada tanggal 18-19 Agustus 2013, beberapa tanaman hias hasil kultur jaringan BPBPI (Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia) dipamerkan di galeri Co-Chocs. Tanaman hias tersebut selain menjadi ‘penyegar mata’ juga dipromosikan secara komersial.
Tanaman hias yang dipamerkan antara lain Phylodendron “Red Emerald”, Cordyline “Red lipstick”, Cordyline “Red-white lipstick”, dan Zingiber spectabile yang menjadi “bintang” dalam pameran tersebut. Tanaman hias tersebut mendapat perhatian yang cukup besar dari para undangan yang hadir, termasuk Komisaris Utama PT RPN, Bapak Ir. Kusumandaru NS, MBA, dan Direktur Utama PT RPN, Bapak Dr. Didiek Hadjar Goenadi, M.Sc., APU. Hampir semua tanaman yang dipamerkan berhasil terjual, termasuk Zingiber spectabile dalam dua buah pot besar yang telah berbunga sangat cantik dan terjual masing-masing seharga hampir satu juta rupiah.

 

Daya tarik dari Zingiber spectabile ini terletak dari bentuk bunganya yang tersusun atas kumpulan brakhtea berstruktur kokoh berwarna oranye semburat merah, dan merah untuk bunga yang sudah berkembang lebih lanjut. Karena keindahannya, Z. spectabile biasa dimanfaatkan sebagai bunga potong, namun dapat pula sebagai tanaman hias di dalam pot atau untuk landscape. Bunga Z. spectabile dalam pot dapat bertahan hinggal tujuh bulan, sehingga lebih menarik dibandingkan sebagai bunga potong yang hanya dapat bertahan selama tujuh hari.


Dr. Asmini Budiani

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia
Jl. Taman Kencana No.1, Bogor 16128- Indonesia Phone: (0251) 8324048, 8327449 Fax. : (0251) 8328516 Email: admin@iribb.org
Hak cipta © 2019
Media Sosial :