ALAT APLIKATOR TRICHODERMA OTOMATIS UNTUK PENGOMPOSAN TKKS

Pengolahan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) utuh (tanpa pencacahan) menjadi kompos bioaktif dapat dilakukan dengan aplikasi menggunakan biodekomposer Trichoderma sp. yang diketahui merupakan fungi cepat tumbuh penghasil enzim selulase dan glukanase yang  potensial.  Untuk mempermudah dan mengefisienkan aplikasi Trichoderma sp. di lapang,  BPBPI telah menciptakan  alat aplikator yang berkerja secara otomatis.  Alat ini akan menyemprotkan suspensi Trichoderma sp. dengan merata sesaat setiap unit TKKS keluar dari unit pengolahan.

TKKS yang lewat  belt conveyor akan menggerakan sensor sehingga  sprayer terbuka untuk menyemprotkan suspensi spora Trichoderma sp.  Aplikasi Trichoderma sp. secara dini tersebut akan menyebabkan TKKS terkolonisasi fungi tersebut dengan cepat sehingga mengeliminasi jamur oncom (Neurospora sitophila) yang sering tumbuh pada TKKS dan mempercepat proses pengomposan TKKS di lapang.

TKKS yang telah diaplikasi dengan Trichoderma sp. tersebut dapat diaplikasikan langsung di lapang sebagai pengisi lubang tanam besar (big hole), mulsa tanaman atau diinkubasikan di lapang untuk produksi kompos bioaktif.  Kompos bioaktif yang mengandung Trichoderma sp. berperan aktif untuk pengendalian Ganoderma sp. dan meningkatkan pertumbuhan tanaman serta menghemat penggunaan pupuk kimia.

Alat aplikator Trichoderma sp. yang efektif dan harganya relatif  sangat murah ini (sekitar Rp 15 juta per unit)  merupakan alternatif bagi pabrik kelapa sawit (PKS) yang belum memiliki  mesin pencacah yang harganya sangat mahal.  Selain perlu investasi besar dan biaya operasional mahal,  mesin pencacah TKKS sering mengalami kerusakan pisau pencabik sehingga kapasitas pabrik menurun.  Alat aplikator Trichoderma sp. ini telah digunakan di beberapa kebun seperti di kebun Dolsin, PTPN IV, PT Sampurna Agro dan PT AAL. Pengusaha perkebunan yang berminat menggunakan alat aplikator Trichoderma sp. ini dapat menghubungi  langsung Tim Peneliti Penemu (Dr  Darmono Taniwiryono)

 

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia
Jl. Taman Kencana No.1, Bogor 16128- Indonesia Phone: (0251) 8324048, 8327449 Fax. : (0251) 8328516 Email: admin@iribb.org
Hak cipta © 2019
Media Sosial :